Terjadinya wabah corona yang melanda sebagaian besar di wilayah Indonesia menjadi perhatian serius bagi punggawa pengelola teknologi informasi khususnya tim jaringan Dinas Kominfo Kabupaten Wonogiri. Sebagaimana kita ketahui bahwa Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB RI) telah mengeluarkan Surat Edaran No.19 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara dalam Upaya Pencegahan Covid-19 di Lingkungan Instansi Pemerintah, yang dimaksudkan sebagai pedoman bagi instansi pemerintah dalam pelaksanaan tugas kedinasan dengan bekerja di rumah/tempat tinggalnya (Work from Home/WFH) bagi ASN sebagai upaya pencegahan dan meminimalisasi penyebaran Covid-19. Sedang tujuan dari SE tersebut adalah:

  1. Mencegah dan meminimalisasi penyebaran, serta mengurangi risiko Covid-19 di lingkungan instansi pemerintah pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya.
  2. Memastikan pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing instansi pemerintah dapat berjalan efektif untuk mencapai kinerja masing-masing unit organisasi pada instansi pemerintah.
  3. Memastikan pelaksanaan pelayanan publik di instansi pemerintah dapat tetap berjalan efektif.

Sesuai SE Menteri PANRB tersebut, maka terdapat ketentuan mengenai penyesuaian sistem kerja, dimana ASN dapat melaksanakan pekerjaan dari rumah, sehingga sudah bisa dipastikan bahwa kebutuhan jaringan internet akan meningkat tajam dibandingkan pada beberapa waktu sebelum terjadinya wabah ini.

Menyikapi kondisi tersebut Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Wonogiri telah menginstruksikan kepada seluruh jajarannya khususnya Tim IT untuk selalu siap setiap saat dalam melayani kebutuhan internet OPD di Kabupaten Wonogiri khususnya yang difasilitasi Dinas Kominfo harus mampu untuk mendukung kegiatan WFH tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *