Menara Telekomunikasi merupakan salah satu infrastruktur pendukung utama dalam penyelenggaraan telekomunikasi seluler, yang memerlukan ketersediaan lahan, bangunan dan ruang udara. Pertumbuhan pembangunan menara telekomunikasi yang begitu pesat diberbagai wilayah Indonesia, dipengaruhi oleh peningkatan industri, teknologi dan pasar telekomunikasi seluler yang cukup massif dan agresip.

Hal ini menjadi persoalan cukup rumit, salah satunya adalah masalah pengelolaan manajemen menara telekomunikasi dalam berbagai perspektif dan kepentingan, mulai dari pihak penyedia menara, pengelola menara, operator telekomunikasi maupun pemerintah daerah. Manajemen menara telekomunikasi atas seluruh asset menara, dan semua asset lain yang terdapat dalam area sekitar menara (Site). Setidaknya terdapat empat elemen utama dalam system management menara telekomunikasi, yaitu konstruksi menara, perangkat telekomunikasi, geolokasi dan identitas hukum.

Kompleksitas dan validitas data yang berkaitan langsung dengan keempat elemen tersebut seringkali menjadi kendala serius dalam tahap implementasi, sehingga proses manajemen tidak berjalan secara benar dan menghasilkan keputusan strategis yang tidak akurat dan kurang dapat dipertanggung jawabkan. Kegiatan Pelaksanaan Monev Pengawasan dan Pengendalian  Menara Telekomunikasi di Kabupaten Wonogiri merupakan salah satu langkah  untuk mengatasi persoalan-persoalan tersebut.

Pelaksanaan Monev Pengawasan dan Pengendalian  Menara Telekomunikasi oleh Dinas Komunikasi dan Informatika  Kabupaten Wonogiri merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Wonogiri dalam rangka menggali segala Potensi Penerimaan Asli Daerah (PAD) yang berasal dari Retribusi Pengendalian Menara Telekomunikasi (sesuai Pasal 110 huruf ke n dan pasal 124, UU RI. Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah).

Sehubungan dengan hal tersebut Tim Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Wonogiri akan melakukan pengawasan dan pengendalian terhadap 253 menara telekomunikasi yang tersebar di seluruh kecamatan di Kabupaten Wonogiri dalam kurun waktu Februari 2020 sampai dengan Mei  2020

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Wonogiri : Heru Nur Iswantoro, S.Sos,MM. menyatakan bahwa “Pengawasan dan pengendalian dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pelayanan jaringan komunikasi oleh pihak  provider yang beroperasi di Kabupaten Wonogiri”

Melalui Monev wasdal menara ini, tim Dinas Kominfo memperoleh data dan fakta berkaitan dengan kondisi menara serta memastikan berfungsi tidaknya menara tersebut.data tentang existensi menara akan dijadikan sebagai acuan dalam penetapan besaran retribusi yang harus dibayar oleh pihak provider. Melakukan pendataan baru atau pendataan ulang (Updating) atas  komponen yang terdapat dalam satuan Site Menara Telekomunikasi.Melakukan pendataan kepemilikan dan pengguna atas satuan Site Menara. Memberikan temuan (finding) dan rekomendasi atas satuan Site Menara Telekomunikasi

Petugas yang turun ke lapangan harus mendata secara detail kondisi menara meliputi Nama pemilik, nama pengguna, lokasi, koordinat decimal, tinggi Menara, tipe site, struktur Menara, kondisi marka halang penerbangan, kondisi lampu halang penerbangan dan lampu penerangan site, kondisi pagar serta keterangan site

Laporan tersebut akan dijadikan referensi penghitungan besaran retribusi menara sesuai dengan target yang dibebankan kepada Dinas Kominfo Kabupaten Wonogiri. (Red-ita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *