Radio Giri Suara (RGS) yang mengudara dengan frekuensi gelombang FM 94 MHz. sebagai satu-satunya radio milik Pemkab Wonogiri ini yang dulu populer dengan nama Radio Siaran Pemerintah Daerah (RSPD) Wonogiri, dan mengudara dengan melalui gelombang frekuensi AM. RGS yang dipancarsiarkan dari studio di Jalan Letjen S Parman Nomor: 74 Kelurahan Wonokarto, Kecamatan dan Kabupaten Wonogiri tersebut, memperingati Hari Ulang Tahun  (HUT) yang ke-51 pada tanggal 22 September 2020.

Rangkaian kegiatan HUT RGS yang ke-51 dimeriahkan dengan berbagai kegiatan dan acara khusus yang dilaksanakan mulai hari Sabtu tanggal 19 September 2020 dengan acara Pemutaran Greeting Ultah Radio yang diikuti Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Ketua FKUB, Ketua Paguyuban Ngudi rukun,Paguyuban, Camat, DK Family, Pejabat ( Ketua TP PKK Kab. Wonogiri, Ketua DPRD Kab. Wonogiri, Kapolres Wonogiri ).

Rangkaian kegiatan kedua dilaksanakan pada hari Senin tanggal 21 – 22 September 2020

  1. ON AIR ….QUICK QUIZ “ HAPPY YE..YE….”
  2. ON AIR  51 TAHUN REQUEST SUKA SUKA
  3. ON AIR PROGRAM AKU DAN KENANGAN
  4. OFF AIR “ TUMPENGAN”

RSPD berdiri pada tanggal 22 September  1969 dimana saat itu Pemerintah  memerlukan media komunikasi untuk menjembatani kepentingan Pemerintah dan Masyarakat, maka  pemerintah mendirikan RSPD yang berfungsi sebagai corong Pemerintah.Tahun 1970 RSPD  masuk pada seksi Pemberitaan Bagian Humas, dan tahun 2008 sesuai dengan PERDA nomor 11 tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Wonogiri RSPD Wonogiri menjadi UPT RSPD Dinas Perhubungan Komunikasi  dan Informatika Kabupaten Wonogiri.Dan dalam rangka melaksanakan ketentuan Pasal 14 Ayat 3 Undang Undang nomor 32 Tahun 2002 tentang penyiaran dan ketentuan pasal 7  ayat 3 Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2005 tentang Penyelenggaraan Penyiaran Lembaga Penyiaran Publik perlu di bentuk Lembaga Penyiaran Publik Lokal yang bersifat Independen netral tidak komersial tidak hanya berfungsi sebagai corong Pemerintah daerah, melainkan harus dapat berfungsi memberikan pelayanan untuk kepentingan masyarakat/publik.

Dan jadilah Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Giri Swara di bawah Dinas Kominfo mulai tahun 2017 sampai sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *