Setiap orang tua pasti menantikan kata pertama yang terucap dari buah hati tercinta. Tapi bagaimana jika Anda tidak kunjung mendengar sepatah kata pun terlontar dari bibir mungil Si Kecil? Bahkan mungkin bertanya-tanya anak saya sudah hampir 3 tahun, kok bicaranya seperti bahasa planet ya, hanya wawawawa, bagaimana bila tidak bisa mengikuti saat sekolah.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut seringkali ditanyakan oleh orangtua. Lambat bicara pada anak memang dapat menimbulkan kecemasan orangtua, namun terkadang anak dengan gangguan bicara dan bahasa terlambat mendapat perhatian karena orangtua berpikir, tidak apa-apa, nanti juga bisa bicara atau Dia hanya terlambat mulai saja, nanti dia pasti akan mengejar.

Keterlambatan bicara dapat disebabkan gangguan pendengaran, gangguan pada otak (misalnya retardasi mental, gangguan bahasa spesifik reseptif dan atau ekspresif), autisme, atau gangguan pada organ mulut yang menyebabkan anak sulit melafalkan kata-kata (dikenal sebagai gangguan artikulasi), gangguan perilaku, gangguan perkembangan umum, kurang stimulasi, masalah psikososial, maupun penyebab lainnya. Agar dapat mengetahui kapan seorang anak terlambat bicara, perlu mengenal tahapan perkembangan bicara normal.

Apa saja yang menyebabkan keterlambatan bicara? Semua di bahas di acara jendela keluarga dengan tema “Waspadai Keterlambatan Bicara pada Anak” besama Kusriana Handayani, A.Md.TW dari RS Medika Mulya Wonogiri, Rabu 15 September 2021 jam 09.00 – 10.00 WIB melalui 94 FM streaming :  rgs.wonogirikab.go.id, Facebook : Rspd Wonogiri dan Youtube:  rgswonogiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *