Kamis (27/4) Deputi Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan supervisi ke Kabupaten Wonogiri untuk meninjau Pelaksanaan Rencana Aksi Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi di Kabupaten Wonogiri. Kunjungan ini diterima oleh Bupati Wonogiri, Joko Sutopo di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri.

 

Pada kunjungan ini, Deputi Pencegahan KPK melakukan tinjauan ke beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yakni Bappeda dan Litbang, BPK, Inspektorat, Dinas Kominfo, Dinas PMPTSP, dan Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kabupaten Wonogiri.

 

Kunjungan ini didasarkan pada Komitmen Kabupaten Wonogiri yang beberapa waktu lalu telah menandatangai kesepakatan dengan KPK untuk dapat melaksanakan e-government di tahun 2018 yang mencakup e-planninge-budgeting, dan e-monev sebagai aksi pencegahan korupsi terintegrasi di Kabupaten Wonogiri. Kunjungan KPK ini dimaksudkan untuk meninjau seberapa jauh persiapan yang telah dilakukan Pemkab Wonogiri dan OPD terkait persiapan infrastruktur IT dan Sistem Informasi untuk menunjang pelaksanaan e-government. Selain itu, perlu dipersiapkan dengan matang pula sumber daya manusia yang nantinya akan mengelola baik hardware maupun software sistem informasi tersebut.

 

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Wonogiri Gatot Siswoyo, ditemui di ruang kerjanya usai kunjungan KPK mengatakan bahwa persiapan yang dilakukan Kabupaten Wonogiri khususnya Dinas Kominfo sudah terlaksana sesuai target. “Kita sudah mencapai hampir 70 persen dari persiapan Rencana Aksi Pemberantasan Korupsi Terintegrasi ini. Kita sudah persiapakan infrastruktur IT yang memadai dan juga SDM yang kompeten,” kata Gatot Siswoyo.

 

Dirinya meyakini, bahwa tahun 2018, Kabupaten Wonogiri sudah akan siap melaksanakan e-planninge-budgeting, dan e-monev. “Saya yakin kita akan siap e-government di 2018. Tinggal bagaimana kita berkoordinasi dengan semua sektor, semua OPD kita rangkul bersama untuk ini (pelaksanaan e-government), dan kita harus seirama,” tandasnya.

 

Terkait sistem informasi seperti apa yang tengah dipersiapakan Dinas Kominfo, Gatot Siswoyo belum bisa memaparkan lebih lanjut. “Tentunya kita akan mengarah pada sistem informasi yang tidak bisa dimainkan oknum. Makanya SDM yang kompeten san infrastruktur IT yang mumpuni jadi fokus pengembangan Dinas Kominfo saat ini,” tuturnya. (Essa – Diskominfo Wonogiri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *