Sebanyak 17 orang rombongan anggota Komisi A DPRD dan Humas Pemerintah Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah melakukan konsultasi ke Komisi Informasi Pusat (KIP) di Ruang Rapat Sekretariat KIP Jakarta, Senin (12/5). Rombongan itu diterima Komisioner Dyah Aryani dan Henny S. Widyaningsih serta Tenaga Ahli Tya Tirtasari dan Asisten Ahli KIP Arief.

 

Pada kesempatan itu, Komisioner Dyah mengingatkan bahwa hak inisiatif DPRD Wonogiri untuk membentuk KI Kabupaten adalah bagus. Namun diingatkannya, agar terlebih dahulu menata Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di setiap SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) dengan membuat kategorisasi tentang informasi yang harus tersedia setiap saat, informasi serta-merta, informasi berkala, dan informasi yang dikecualikan.

 

Sementara Komisioner Henny mengharapkan agar DPRD Wonogiri berhati-hati jika ingin membuat KI Kabupaten karena pengalaman menunjukkan sejumlah KI Kabupaten belum jalan akibat tidak ada dukungan sekretariat dari Pemerintah setempat. “Kecuali DPRD Wonogiri dapat mengawal terus KI tersebut sehingga mendapat perhatian dan pembiayaan dari Pemkab Wonogiri,” kata Henny tegas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *